Kumisganteng. Powered by Blogger.

Find Us On Facebook

FEATURED VIDEO

Slider

About us

Sports

recent posts

Advertisement

Sponsor

Flickr Images

Home AD

Popular Posts

Friday, February 5, 2016

"Iron Man" Asal Indonesia

Unknown     7:21 PM    




I Wayan Sumardana Sutawan alias tawan kini makin terkenal dengan karyanya membuat tangan robot. Pria asal Bali ini mempunyai kemampuan sangat hebat, dengan membuat tangan robot yang dapat di gerakan menggunakan fikirannya. Kreatifitasnya ini ia dapat setelah ia terkena stroke 6 bulan yang lalu, tangan kirinya lumpuh total itu artinya tangan kirinya tidak berfungsi lagi. Bagi setiap orang yang mempunyai kekurangan seperti tawan mungkin tidak akan melakukan seperti apa yang tatawan lakukan. Ia berhasil menggerakan tangannya lagi meskipun tidak 100 % normal, akan teapi hal ini sangat membantu ia dalam melakukan pekrjaannya setiap hari hingga mencari nafkah bagi istri dan ketiga anaknya.

Dengan pengetahuan dasar yang ia miliki sejak duduk di sekolah menengah kejuruan dulu, ia berhasil memanfaatkan ilmu penegtahuannya untuk membantu dirinya dalam beraktifitas.

"Tawan menderita stroke ringan sehingga tangan kanannya lumpuh total.  Tapi kondisi ini membuat dokter heran karena kadar kolestrol dan tekanan darhnya normal-normal saja. Aapalagi tawan masih tergolong muda dan berat badannya juga ideal"  ucap dokter yang menangani tawan.

Tawan salah satu alumni dari STM Rekayasa Denpasar, Bali. Tangan robot yang ia buat terdiri dari barang rongsokan seperti shock sepeda motor dan beberapa bahan elektronik lainnya. Tawan beberapakali mengalami kegagalan saat percobaan, namun ia tak pernah putus asa dan terus berusaha hingga terbentukalah tangan robot sejenis EEG (Electroencephalography).

Dengan tangan robot yang ia miliki, tawan dapat mengangkat beban dengan mudahnya, ia melakukan percobaan dengan mengangakt veleg mobil yang memiliki berat 10 kilogram, dan hasilnya SANGAT diluar dugaan, tangan kanannya tak mampu mengangkat veleg tersebut, akan tetapi dengan tangan kirinya , ia terlihat sanagat enteng saat mengangkatnya.

Saat menggerakan tangan kirinya, tawan harus berkonsentrasi dengan sangat tinggi, hal ini  yang biasa membuat signal otaknya terkuras, karena jika tidak berkonsentrasi maka tangan robotnya akan susah  di kendalikan secara maksimal.

Tawan kini kerja  di sebuah bengkel  dengan melayani pemesanan perabotan rumah tangga atau melakukan pekerjaan panggilan lainnya.

0 comments :

© 2011-2014 Kabar Dari Om Kumis. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.