Kumisganteng. Powered by Blogger.

Find Us On Facebook

FEATURED VIDEO

Slider

About us

Sports

recent posts

Advertisement

Sponsor

Flickr Images

Home AD

Popular Posts

Thursday, February 4, 2016

Inilah Siluman Air Milik Indonesia

Unknown     4:26 AM    




Berbicara tentang negri ini memang tidak ada habisnya, apalagi masalah kemajuan teknologi dalam bidang kemiliteran. Kini TNI Aangkatan Laut Indonesia perlu berbangga hati karena mereka sudah  memiliki kapal pernag tercanggih yang di beri nama KRI Klewang. KRI Kwelang adalah kapal cepat rudal (KCR) yang Trimaran di galangan kapal milik PT Lundin Industry Invest di Pantai Cacalan Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur.

Dibalik badan kapalnya yang besar hingga mempunyai keseluruhan panjang 63 meter kecepatan maksimal 35 knot, bobot 53,1 GT, serta mesin utama 4x marine engines MAN nominal 1.800 PK., kapal ini juga memiliki keistimewaan yaitu sulit trdeteksi oleh radar, itulah yang membua kapal KRI Kwelang ini menjadi kapal tercanggih didunia.

Arti dari kata KRI Kwelang yaitu pedang bermata tunggal, kata ini di ambil dari Pulau Madura. Kapal ini terbuat dari bahan dasar infus vinylester carbon fiber. Hal ini yang membuat kapal ini dapat melaju dengan cepat.

Peluncuran kapal perang Kri Kwelang  dilakukan Wakil Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Sayyid Anwar, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas serta pihak PT Lundin. Ia mengucapkan bahwa "Kapal ini merupakan pengembangan lanjutan dari riset agar TNI AL tetap diperhitungkan du dunia internasional. Kapal ini sangat canggih dan baru ada di Amerika Serikat dan Indonesia,”

Menurut berita yang beredar kapal KRI Kwelang menelan anggaran hingga mencapai Rp 100 miliar. KRI Klewang ini dipersenjatai peluru kendali dengan jarak tembak hingga 120 kilometer. Dengan kemampuan stabilitas yang sangat baik dan rancangan lambung yang dangkal, kapal ini didesain untuk berpatroli di pesisir yang panjang. Bentuk lambung dirancang agar kapal dapat melaju dengan kecepatan yang tinggi namuun dengan tetap memperhatikan kemampuan kru atau kapal untuk beroperasi di laut curam dan pendek yang merupakan karakteristik garis pantai di kepulauan di Indonesia.Sedangkan bagian bawah garis air telah dioptimalkan untuk dapat mencapai kecepatan jelajah yang cukup jauh. Pajang, posisi melintang dan membujur serta kemampuan peredaman dari masing-masing lunas telah dirancang secara khusus guna daya tahan terbaik dengan menggunakan analisa slender body dan towing tank.

Konstruksi kapal ini menawarkan beberapa keunggulan, antara lain lebih ringan terbuat dari carbon fiber yang telah dilaminasi mememiiki tingkat kepadaatan separuh lebih rendah daripada alumunium, efisien dalam biaya perawatan carbon composite tidak dapat berkarat dan memiliki batas kelelahan yang tinggi, kemampuan tidak terdeteksi oleh radar.

0 comments :

© 2011-2014 Kabar Dari Om Kumis. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.